Pengantar Internet



Pengantar Internet

            Manusia modern dituntut untuk selalu dinamis dan mampu bergerak cepat. Informasi dan komunikasi termasuk hal utama yang mendukung kemajuan manusia dalam berpikir. Salah satu media informasi dan komunikasi tersebut adalah internet. Internet merupakan jaringan luas yang menghubungkan komputer-komputer di seluruh dunia. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengenal Internet.

A.     Pengertian dan Sejarah Internet
     Internet (Interconnection Networking) merupakan jaringan komputer yang menghubungkan komputer-komputer di seluruh dunia sehingga terbentuk ruang maya jaringan komputer di mana antara satu komputer dengan komputer lainnya dapat saling berhubungan atau berkomunikasi. Melalui internet, kita dapat mencari berbagai informasi dengan cepat, seperti yang berhubungan dengan bidang pendidikan, hiburan, teknologi, ekonomi, politik, dan informasi dunia aktual lainnya sehingga akan mempermudah atau menunjang pekerjaan.
     Sejarah perkembangan internet diawali dengan terbentuknya jaringan komputer pertama di Amerika Serikat yang diprakarsai oleh lembaga yang bernama Advanced Research Project Agency (ARPAnet) yang pada saat itu menghubungkan empat buah komputer yang masing-masing berada di Stanford Research Institute, Unversitas on California of Los Angeles (UCLA), Universitas Utah Charley Kline, dan Universitas California Santa Barbara (UCSB). Saat itu, penggunaan bandwith masih sekitar 50 kbps yang dimiliki oleh ATT (American Telephone and Telegraph). Kemudian pada tahun 1983, dengan ditemukannya protokol TCP/IP (Transmission Control Protocol / Internet Protocol) mulailah dikenal istilah Internet. Awalnya, internet hanya digunakan untuk kepentingan akademik dan militer di Amerika saja. Namun seiring dengan perkembangan waktu, mulai tahun 1990-an internet mulai digunakan secara meluas di kalangan masyarakat umum.
       Tahun 1995, mulailah dikenal teknologi World Wide Web (WWW) atau biasa disebut Web yang berfungsi untuk menggantikan FTP, Yaitu teknologi untuk melakukan proses pertukaran data. Dengan teknologi ini, internet dapat menyediakan informasi dalam bentuk multimedia. Saat ini, internet bahkan dapat digunakan melalui alat komunikasi mobile seperti handphone atau PDA (Personal Data Assistant) dengan menggunakan teknologi WAP (Wireless Application Protocol).

B.     Koneksi ke Jaringan Internet
a)       ISP
 Layanan akses internet disediakan oleh ISP (Internet Service Provider). ISP merupakan
sebuah badan atau perusahaan yang menghubungkan komputer melalui saluran komunikasi ke server ISP yang telah terhubung ke internet. Perusahaan ISP terhubung ke internet menggunakan jasa ISP lain, biasanya, ISP Amerika, ISP Singapura, ISP Hongkong. Contoh dari ISP lokal dan skala nasional adalah Indonet, Indosat.net, Meganet, Idola.net, Radnet, Lintasarta, Wasantara.net, Centrin, dan sebagainya.

b)       Layanan Online
 Layanan online atau E-Layanan (Electronic Services) merupakan satu aplikasi yang
memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi di daerah yang berbeda. Pelayanan Online adalah pelayanan melalui jaringan network dengan menggunakan chatting atau cara iklan lainnya di internet. Seperti layanan iklan gambar, suara dan lainnya. Maksud dari layanan online adalah memberikan akses yang lebih luas dan mudah kepada masyarakat untuk mendapatkan informasi dan layanan publik. Dibawah ini adalah macam-macam layanan yang ada di internet, diantaranya:
1.       E-Mail  (Electronic Mail)
       E-mail (Electronic Mail) yaitu fasilitas komunikasi dalam internet untuk mengirim
surat secara elektronik yang dapat menjangkau ke seluruh dunia. Dibandingkan dengan surat biasa, e-mail mempunyai keunggulan, yaitu menjamin komunikasi yang lebih aman serta tidak membedakan jarak dan waktu. Beberapa contoh layanan e-mail gratis, yaitu Yahoo, Gmail, Hotmail, dan sebagainya.

2.       Search Engine
Search engine (mesin pencari) adalah situs yang menyediakan layanan untuk mencari informasi berupa teks, gambar, dan file. Terdapat banyak website pencari di internet antara lain yaitu Google, Yahoo, Altavista, Live Search, MSN Search, dan sebagainya.

3.       E-Commerce
E-Commerce adalah layanan internet yang digunakan untuk kepentingan ekonomi. Toko online merupakan salah satu contoh dari layanan E-Commerce. Dengan adanya layanan ini, kita tidak perlu pergi ke toko untuk berbelanja, karena kita bisa membeli barang secara online. Contohnya di Lazada, Tokopedia, BukaLapak, OLX, dan sebagainya.

4.       E-Banking
Dengan adanya E-Banking proses transfer uang yang Anda lakukan bisa berjalan dengan cepat. Saat ini sudah banyak Bank yang menyediakan layanan ini, sehingga para pengguna Bank tersebut tidak perlu pergi ke ATM untuk melakukan transfer uang. Bahkan beberapa bank sudah merambah ke dunia mobile, sehingga kegiatan transfer uang bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.

5.       E-Learning
Merupakan sistem pembelajaran elektronik, dimana peserta didik dan guru tidak bertatap muka secara langsung melainkan dari jarak jauh. Komputer menjadi perantara antara pengajar dan peserta didik. Dengan adanya e-learning kita dapat membaca materi secara berulang - ulang. Namun dapat mengurangi interaksi antara guru dengan murid secara langsung.

6.       E-Goverment
E-Goverment merupakan bentuk pelayanan pemerintahan terhadap masyarakatnya dengan memanfaatkan teknologi informasi. Ada beberapa model penyampaian utama yaitu Goverment to Citizen / Goverment to Customer (G2C), Goverment to Employ (G2E), Goverment to Business (G2B), dan Goverment to Goverment (G2G). E-Goverment diharapkan dapat meningkatan efisiensi, kenyamanan, serta aksesibilitas yang lebih baik dari pelayanan publik.

7.       Mailing List
Mailing List (Milist) adalah layanan yang digunakan untuk berdiskusi dalam suatu komunitas atau organisasi. Setiap anggota milist dapat membaca surat dari anggota lainnya yang berada dalam lingkaran grup diskusi. Dan setiap anggota juga berhak membalas surat atau tidak. Apabila ada salah satu anggota yang membalas pesan maka semua anggota yang berada dalam lingkaran grup diskusi akan mendapat balasan tersebut. Dalam milist setiap orang dapat berlangganan atau berhenti berlangganan. Kelompok diskusi biasanya dibedakan menjadi kelompok berdasarkan topik (misalnya tentang bisnis, pendidikan, hobi, dan sebagainya), dan berdasarkan anggota tertentu (misalnya kelompok BEM, dan sebagainya).

8.       IRC (Internet Relay Chat)
IRC atau akrab disebut layanan chatting adalah suatu teknologi dimana setiap orang dapat berinteraksi dengan orang lain yang jaraknya jauh. Dengan adanya teknologi ini kita dapat berkenalan dengan orang baru dan memperbanyak teman atau relasi. Kita pun bisa saling melihat wajah lawan bicara kita apabila komputer kita atau orang tersebut dilengkapi WebCam. Layanan-layanan untuk chatting di internet antara lain yaitu Yahoo Messenger, Skype, MSN Messenger, Windows Live Messenger, dan sebagainya.

c)       Lembaga Badan Hukum
Ada beberapa bahasa hukum indonesia yang jika dibenturkan dengan bahasa dalam UU
ITE atau dalam Hukum Telematika, maupun dalam lingkup Teknologi Informasi sesungguhnya memiliki pengertian sangat berbeda. Beberapa contoh seperti dibawah ini:
1.   Internet Society, bertugas mendukung dan mempromosikan pertumbuhan internet sebagai sarana komunikasi untuk riset. Lembaga ini tidak hanya mengurusi masalah teknis tapi juga masalah politik, dan sosial kemasyarakatan.
2.   Internet Architecture Board (IAB), merupakan badan penasihat teknis bagi internet society. IAB punya wewenang untuk menerbitkan dokumen standar internet (Request For Comment), mengatur angka-angka dan konstanta yang digunakan dalam protocol internet. Contoh angka dan konstanta yang diatur dalam protocol internet antara lain: nomor port, TCP, kode protocol IP, tipe hardware ARP.
3.   Internet Engineering Task Force (IETF), badan yang berorientasi membentuk standar internet. Badan ini dibagi menjadi 9 kelompok kerja. Masing-masing kelompok kerja bertugas menghasilkan standar-standar internet. Contoh kelompok kerja tersebut antara lain: kelompok kerja routing, aplikasi addressing, keamanan komputer dan sebagainya.
4. Internet Research Task Force (IRTF), IRTF merupakan lembaga penelitian untuk jangka panjang.

C.      Jenis Hubungan Koneksi Internet
1.        Koneksi Dial Up
        Modem dial up mengubah sinyal digital dari komputer menjadi sinyal suara (sinyal analog) yang ditransmisikan melalui kabel telepon atau sebaliknya. Itu sebabnya, pada saat koneksi internet berlangsung, kamu tidak bisa menerima atau melakukan panggilan. Modem dial up umumnya diklasifikasikan berdasarkan jumlah bit data yang dapat dikirim per detik (bps, bit per second). Komputer yang dilengkapi dengan modem analog dapat melakukan dial up, yaitu menghubungi server milik ISP untuk memperoleh akses internet. Koneksi dial up tidak hanya menggunakan jalur telepon rumah, tetapi juga bisa menggunakan telepon genggam berteknologi CDMA.
        Koneksi dengan metode ini paling mudah dilaksanakan, sehingga jangkauannya cukup luas. Kekurangan paling mendasar adalah masalah kecepatan koneksi. Kualitas jaringan telepon yang terpasang sangat berpengaruh pada kualitas koneksi. Hal ini disebabkan karena lebar pita frekuensi yang dipakai rentan terhadap gangguan (noise) yang ditimbulkan dari lingkungan.

2.        ADSL
 ADSL (Asymetric Digital Subscriber Line) adalah suatu teknologi modem yang bekerja
pada frekuensi antara 34 kHz sampai 1104 kHz. Keuntungan ADSL adalah memberikan kemampuan akses internet berkecepatan tinggi dan suara/fax secara simultan (di sisi pelanggan dengan menggunakan splitter untuk memisahkan saluran telepon dan saluran modem).

3.        Koneksi dengan Jaringan Leased Line
 Leased line adalah salah satu jenis hubungan koneksi internet. Pada leased line, provider
akan menyediakan layanan jaringan telekomunikasi simetrik, dimana bisa terhubung dengan lebih dari dua lokasi yang akan dibayar per bulan. Leased line ini biasanya dipasang untuk bisa terhubung secara terus-menerus selama 24 jam penuh tanpa henti dengan beberapa lokasi tersebut. Contohnya suatu perusahaan pusat yang ingin terus terhubung dengan beberapa perusahaan cabangnya.
Leased line ini tidak menggunakan nomor telepon. Hanya saja penggunaannya bisa
untuk layanan telepon, data dan internet. Pembayaran leased line per bulan, biayanya tergantung pada jarak antar koneksi dan kecepatannya. Kecepatan leased line tergantung pada bandwith-nya. Karena leased line ini hanya menghubungkan beberapa jaringan yang diinginkan, maka leased line ini sangat menjaga privasi. Sehingga orang lain yang tidak terhubung dengan suatu jaringan leased line tidak akan mengetahui informasi atau data yang diakses. Oleh karena itu, leased line disebut juga dengan ethernet leased line, data circuit atau private circuit.

4.       Jaringan GPRS
GPRS (General Packet Radio Service) biasa digunakan pada telepon seluler untuk
mengirim dan menerima data menggunakan gelombang radio. Untuk mengakses internet melalui telepon seluler, terlebih dahulu harus melakukan beberapa pengaturan. Cara termudah melalui layanan OTA (Over The Air).

5.       Wi-Fi atau Hotspot
Wi-Fi adalah sebuah teknologi terkenal yang memanfaatkan peralatan elektronik untuk
bertukar data secara nirkabel (menggunakan gelombang radio) melalui sebuah jaringan komputer, termasuk koneksi Internet berkecepatan tinggi.
       Sebuah alat yang dapat memakai Wi-Fi dapat terhubung dengan sumber jaringan seperti Internet melalui sebuah titik akses jaringan nirkabel. Titik akses (hotspot) seperti itu mempunyai jangkauan sekitar 20 meter di dalam ruangan dan lebih luas lagi di luar ruangan.

D.     Perangkat yang Dibutuhkan
Untuk mengakses internet kita memerlukan beberapa perangkat seperti:
1.  Perangkat Keras (Hardware)
a.   Komputer
Spesifikasi komputer yang digunakan dan koneksinya melalui ISP sangat menentukan cepat atau lambatnya proses kinerja komputer dalam mengakses internet.

b.   Modem
Modem (Modulator DEModulator). Modem adalah alat untuk mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital dan sebaliknya. Modem digunakan untuk mentransmisikan data dalam bentuk gelombang elektromagnetik dari satu komputer ke komputer lain.

c.    Kabel UTP
Kabel UTP digunakan sebagai penghubung antarkomponen antara komputer dengan switch atau router dan perangkat jaringan lainnya.
 
d.   Konektor RJ45
Konektor RJ45 digunakan sebagai penghubung kabel UTP.


e.    Kabel Koaksial
Kabel koaksial digunakan sebagai peredam sinyal agar tidak membalikkan dan mengganggu sinyal aslinya.

f.     Wireless Adapter
Wireless Adapter digunakan sebagai pengendali periferal yang terpasang tanpa menggunakan kabel.
 
g.    Switch
Switch digunakan untuk menghubungkan jalur komunikasi data dari setiap segmen jaringan ke jaringan tertentu.

h.    Router
Router digunakan untuk memilih jaringan tujuan dan meneruskan pengiriman paket data pada jaringan khusus.

i.      Ethernet Card (LAN card)
Ethernet Card (LAN card) merupakan kartu jaringan yang dipasang pada sebuah PC yang berfungsi untuk dapat berkomunikasi dengan komputer lain melalui jaringan LAN (Local Area Network). Ethernet card yang disebut juga dengan Network Interface Card (NIC) dapat dibeli sesuai dengan kebutuhan. Ethernet card bekerja dengan menggunakan kecepatan transfer data dalam satuan bit per second (bps). Kecepatan transfer data tersebut dimulai dari 10 bps, 100 bps, 1000 bps.

 
2.   Perangkat Lunak (Software)
a.    Sistem Operasi
Sistem operasi yang digunakan hendaknya disesuaikan dengan perangkat keras yang digunakan. Beberapa contoh dari sistem operasi antara lain sistem operasi Windows XP atau Windows Vista, Linux, dan sebagainya.

b.    Web Browser
Web Browser adalah perangkat lunak yang berfungsi menampilkan dan melakukan interaksi dengan dokumen-dokumen yang disediakan oleh server web. Web adalah kumpulan jaringan berisi dokumen dan tersambung satu dengan yang lain, yang dikenal sebagai World Wide Web (WWW). Beberapa contoh dari web browser antara lain Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, Safari, dan sebagainya.

c.     E-mail Client
E-mail Client berfungsi untuk mengelola e-mail. Contoh e-mail client antara lain Microsoft Outlook Express, Microsoft Office Outlook, dan Mozilla Thunderbird.

d.    Instant Messaging Client
Instant messaging client sebagai sarana chatting, yaitu melakukan percakapan dengan saling mengirim dan menerima pesan berupa teks. Contoh instant messagingclient adalah Yahoo Messenger, iChat, dan Pidgin.


Sumber :

Purnomo, A. (2010). Teknologi Informasi dan Komunikasi 2. Jakarta: Yudhistira.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PP-IPTEK) TMII

Ilmu Budaya Dasar #1

Laporan Praktikum Teori Biogenesis (Fransisco Redi)