Macro
Macro
Macro adalah sederetan fungsi dan perintah program yang
disimpan dalam menu Visual BASIC. Record macro berguna untuk merekam aktivitas
yang dilakukan dan merubahnya menjadi baris-baris program.
Langkah-Langkah
Menggunakan Record Macro:
· Buka program
aplikasi Microsoft Excel pada komputer anda.
· Klik menu
Developer (apabila menu Developer tidak ada maka kita harus menampilkannya
lebih dahulu dengan cara klik menu File setelah itu pilih Options - klik Customize Ribbon lalu ceklis pada bagian Developer lalu OK) Selanjutnya klik Record Macro lalu isi bagian Macro Name sesuai yang anda inginkan lalu isi bagian Shortcut Key sesuai yang anda inginkan lalu Klik OK.
· Apabila kalian
sudah merasa cukup merekam aktivitas yang anda inginkan dengan Record Macro
maka anda dapat memilih Stop Recording.
· Selanjutnya
kalian dapat menggunakan Shortcut Key yang telah anda buat tadi untuk data
berikutnya.
Berikut salah satu contoh penggunaan Macro pada
Microsoft Excel:
- Pertama-tama buatlah sebuah data.
- Selanjutnya arahkan kursor ke bagian gaji yang berada di sel H3 (klik bagian sel tersebut). Klikmenu Developer lalu pilih Record Macro.
- Formula ini hanya berlaku untuk gaji yang jam kerjanya diatas 6 jam. Setelah itu kita hanya mengetik Shortcut Key Ctrl+a pada bagian gaji yang jam kerjanya diatas 6 jam.
- Selanjutnya untuk gaji setelah pajak, arahkan kursor pada bagian gaji setelah pajak yang berada pada sel I3. Klik menu Developer lalu pilih Record Macro.
- Selanjutnya untuk menghitung total atau jumlah, arahkan kursor pada bagian total yang berada pada sel D13. Klik menu Developer lalu pilih Record Macro.
- Selanjutnya ketik formula untuk “Jumlah” =SUM(D3:D12) lalu enter. Setelah itu klik Stop Recording.
Komentar
Posting Komentar